Posisi Siku, Telapak Tangan, Serta Peletakan Jari Tangan Kiri

Posisi Siku, Telapak Tangan, Serta Peletakan Jari Tangan Kiri

Sebelumnya kamu meneruskan pelajari sisi ini, aku mengharapkan kamu telah mengerti mengenai postur menahan biola. Bila telah memahami silakan dilanjutkan. Di sini aku bakal mengulas mengenai bagaimana posisi siku tangan kiri, postur telapak tangan kiri dan bentuk jari tangan kiri di atas fingerboard ketika menghimpit senar.

Posisi Tangan Kiri (Siku)

Pada posisi awal menahan biola, lengan bakal ada dengan cara alami – sejajar selain kiri badan kita (gambar 1). Untuk memberi suport yang baik pada jari, majukan siku ke depan supaya ada dalam garis vertikal yang nyaris senantiasa sejajar dengan scroll serta “hidung” (gambar 2 = terlihat samping serta untuk terlihat depan = gambar 4). Cermati garis lingkar merah di wajah (arah pandangan mata), scroll serta siku pada gambar 4.

Bila siku dimajukan lagi (gambar 3) – posisi ini begitu baik dalam memberi suport pada otot jari saat menghimpit senar, terlebih jari kelingking.

Saat ini Cermati garis putus-putus berwarna hijau pada telapak tangan serta lengan pada gambar 4 yang mengisyaratkan kalau lengan bawah serta telapak tangan mesti senantiasa ada dalam posisi lurus.

Butuh di perhatikan kalau siku atau lengan janganlah bertumpu pada badan (rusuk) untuk menahan berat biola, lantaran hal semacam ini cuma bakal menghalangi gerakan tangan, atau kamu mesti dengan cara sadar untuk rasakan ada spasi pada siku serta rusuk (gambar 4). Berhubung aku bertubuh “langsing” hehehe, jadi spasinya terlihat terang.

Peletakan Jari

Letak jari telunjuk bakal jadi basic sekalian patokan saat membunyikan suara (menghimpit senar) yakni : sandarkan segi jari telunjuk pada nut. Gambar di bawah yaitu contoh sebagian posisi jari telunjuk, lantaran mengingat bentuk tangan tiap-tiap orang tidak sama (panjang, pendek, besar serta kecil), serta andalah yang tahu bagaimana posisi jari kamu.

Butuh senantiasa diingat kalau untuk membuahkan jari yang kuat, enteng, serta santai, dimana saja posisi penjarian saat bermain biola = jari telunjuk, tengah, manis, serta kelingking mesti rajin dilatih selalu untuk melengkung.

Memanglah lengkungan jari untuk setiap orang tidaklah sama, namun “lengkungan” yang disebut yaitu yang sesuai sama postur jari kamu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s