Kritik Tari Pengertian kritik

Kritik Tari

1. Pengertian kritik
Kritik selama sejarahnya jadi satu wacana yang kurang mengasyikkan untuk seorang yang terserang, lantaran seringkali pengertian kritik senantiasa dikaitakan dengan persesi mengenai “celaan”, “makian”, “gugatan “, “penelenjangan” atau “korektif”. Mengakibatkan orang yang terserang kritik jadi jengkel, terasa direndahkan, dilecehkan, tak dihargai, atau dibantai. Fakta itu ada benarnnya, meskipun kritik tidak selamanya mempunyai tujuan sekian. Lantaran tiap-tiap pernyataan atau temuan (thesis) sekalu diikuti dengan pernyataan atau temuan yang baru sebagai anti thesisnya. Ini sejenis hukum alam yang selalu berlangsung selama histori umat manusia. Pengertian kritik berdasar sebagian tokoh diantaranya :
a. R. C. Kwant dalam bukunya “Mens en Kritiek” (Manusia serta Kritik) mengartikan, Kritik yaitu penilaian atas fakta yang dihadapi dalm sorotan etika atau kritik yaitu penilaian atas nilai yang intesubjektif (Sudarminto, 1884).
b. Arti “kritik” datang dari bhs Yunani, yakni datang dari kata “krites” (kata benda) yang datang dari kata kerja “krinein” yang memiliki pengertian menghakimi. Kata “Krineim” bersumber dari kata “Kriterion” yakni kreteria, hingga kata itu disimpulkan sebagai kreteria atau basic penghakiman. Orang yang lakukan pekerjaan menghakimi dimaksud dengan “kritikos”.
c. William Henry Hudson dalam bukunya An Introduction to The Study of Literature mengatakan “Kritik dalam arti yang tajam yaitu penghakiman”

Sebagian pengertian yang sudah dikemukakan, memberikan kalau kritik diperlukan dalam kehidupan, terlebih dalam kebudayaan umat manusia. Bahkan juga dengan cara mendasar menusia memerlukan “respon” serta “merespon” orang lain. Cuma saja pengertian yang lebih mengkhusus “kritik” diperlukan tata langkah atau cara penyampaian. Bahkan juga ada yang mengutamakan, kalau kritik yang dilontarkan mesti mempunyai kandungan subyektivitas serta bertanggungjawab.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s